Perihal Nabi Musa AS

Posted by sunariyo Jumat, 24 Juni 2011 0 komentar
Musa AS merupakan nabi yang paling banyak disebut nama dan kisahnya dalam Al-Qur’an. Lebih dari 125 nama Musa tercantum di dalamnya. Tentu kita bertanya kenapa Allah mengistimewakan Musa AS dari nabi-nabi yang lain? Dan kenapa kisah nabi Musa merupakan kisah yang terbanyak disebut dalam Al-Quran?
Pertama, nabi Musa AS merupakan lima dari para nabi yang memiliki sifat Ulil ‘Azmi yang menurut urutannya menduduki martabat kedua setelah nabi kita Muhammad SAW.
Kedua, sesungguhnya Allah telah memilih dan mengistimewakan Musa AS lebih dari manusia yang lain di masanya atau di zamannya untuk membawa risalah-Nya dan untuk berbicara langsung dengan-Nya. Allah berfirman, “Dan Aku telah memilih kamu, maka dengarkanlah apa yang akan diwahyukan kepadamu” (QS. Thaha : 13)
Ketiga, Allah berfirman dalam Al-Quran ” Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung” (QS. An-Nisaa: 164). Ini merupakan keistimewaan dan kelebihan yang diberikan Allah kepada Nabi Musa AS. Oleh karena itu ia telah diberi gelar “Kalimullah”, yang artinya bahwa Musa AS telah mendapat wahyu langsung dari Allah tidak melalui perantaraan Jibril as, sedang rasul-rasul yang lain mendapat wahyu melalui perantaraan Jibril. Adapun nabi kita Muhammad SAW melebihi nabi Musa AS dan nabi-nabi yang lainnya, karena disamping beliau telah mendapat wahyu melalui Jibril AS, pula beliau telah bertemu muka dan berbicara secara langsung dengan Allah pada malam hari di waktu Mi’raj.
Keempat, Allah telah melimpahkan kasih sayang kepada nabi Musa AS dari mulai lahirnya dan selalu mendapat pengawasan-Nya. Allah berfirman dalam QS. Thaha: 39 “Dan aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dariKu dan supaya kamu diasuh dibawah pengawasan Ku”


===READ MORE==>>

0 komentar:

Posting Komentar

Ping your blog, website, or RSS feed for Free